Jumat, 21 Mei 2010

my experience that NeVer Give Up, Keep Fight!!!

W
heakks…kalo bisa dimaknakan cerita ini bagi aku adalah cerita yang ga pernah dan ga akan lupa seumur idup..coz sedikit saja mengulas maka rentetan kisah ku jaman dahulu glepuk, glepuk, glepuk pada bermunculan….meski sebagian orang menganggap bahwa masa lalu adalah sejarah yang ga perlu di bahas dan masa depanlah yang harus digali, tapi bagi aku sejarah juga butuh diabadikan untuk kemudian dapat dibandingkan dengan masa yang akan datang, apakah masa sekarang/masa depan aku lebih baik dari masa lalu ataukah sebaliknya..ToReNgg???!! nah itulah fungsi masa lalu juga harus disadari and di inget!! Guna menyikapi idup dimasa yang akan dijalani sekarang hingga yg akan datang.. (ekSpresi PenuH semnGAAt!!)

NeVer Give Up & Keep Fight Like This...


Kalau Aku ditanya oleh seseorang : “ kamu asli orang mana sih” untuk saat sekarang aku akan jawab : “ asalku dari Kalimantan so aku asli orang Kalimantan. Tepatnya di kota Tanjung Redeb, kabupaten Berau Kalimantan Timur..Begitu orang tersebut manggut2..artinya menyatakan sikap setuju n sepakat atau kasarnya Yakin lah atas jawabanku..
Tapi sempat ketemu seorang penanya yang menurutku banyak model namun creative, mereka tidak hanya manggut2 tapi juga melontarkan balik pertanyaan : “ Orang Kalimantan kok bahasanya medhok gini yah..kaya ada bumbu jawanya” nah Loh ini yang selalu membuat aku PoSenGG 7 keliling!!! Identitasku Bocor ???!! yaelah kalo udah begini mah musti kudu jelasin panjang lebar !! Oke Lah Kalo Begitu Mumpung Aku and Kamu Punya Waktu bUat Ngebahas Ini !!! Biar CleaRR MentHoLL masalahnya???!!! "Oh Harus dunk" si Banyak modelpun spontan Nagih hii..asyemikk.

Langsung saja aku jawab : “Aku emang orang Jawa Qok ??” (si penanya langsung bingung????!!! lho qok  mbulet sih??katanya orang Kalimantan piye to??). 
 Aku mang asli orang jawa timur tepatnya di Surabaya, Jl, Simo Gunung Kramat Barat No 17 A RT.07 RW 14 (bisa mangga mampir..) karena Aku lahir Disana, Kemudian Aku mulai Studi Dari TK, SD and SMP tetep di Surabaya Sementara BoNyok Gua (halah qok ikut Peran Mode) alias Emak dan Bapak waktu itu dah jadi orang KalTim. Istilahnya merantau duluan and Aku di tinggal… Hiks Sediiihh sekali waktu itu!!  jadi begitu aku lulus SMP sekitar tahun 2004 Bapak Romoku Pulang ke Surabaya Wow Aku sangat Gembira Sekali, tapi tiba2 muncul Rasa Sedih Coz Bapak udah semakin Berumur..kSihan khan musti Bolak-balik Surabaya-KAltim (harapanku sih Bapak tak perlu lagi Merantau!!) tapi ternyata harapanku ga terwujud malahan Aku di tawarin something yang sifatnya bertolak belakang dg harapanku, beliau bilang :
“mo ikut ke kalTim ga??” “Ntar lanjut sekolah disana..disana juga Rame qok ada banyak Sekolah-sekolah SMA yang Favorit, tapi disana masih banyak pepohonan Gede kaya di Desa !!”
Whatdaww Jadi Ciut Gue..perpindahan dari Kota Ke Desa apa aku bakal kerasan??!! Ditambah Lagi ada Pengaruh factor Eksternal dari teman-teman sebaya “ Jangan Pindah Di kAlimantan Shodik?” Disana Aksesnya Susah tambah O'on kamu nanti” Ciutnya minat Gue Untuk ikut tawaran Bapak semakin pol, akibat hasutan-hasutan yang belum tentu kebenarannya!! kurang asem ni kawan!!
 Lalu Ngapain Susah-susah mikir panjang dari pada Aku Terus-terusan dilanda kesedihan disurabaya tanpa hadirnya orang tua di sisi…Biar aja Desa Aku mau Asal bahagia bersama orang tua. (tinggal ama saudara kaya tente, itu ga Enak (Menurut ku sih!!) penyikapan orang bisa aj beda) Apalagi Umurku khan masih butuh Bimbingan Waktu itu?? mSih luGu…LuCu And GuuoooBlok he..he…So Ku hapus Sudah Perasaan yang bikin Aku menciut..lagian Masalah Kebodohan ato Kepintaran itu ditanggan ALLAH Azza Wa Jalla, jadi ngapaian mikirin Besok Akan Bodoh!!!
 Terserah Deh Brutu ngomong Apa! Eh..maksudnya terserah orang ngomong apa?? Aku yakin saran Orang Tua Tak Pernah Menyesatkan (Ini mang Bener Loh….??TerbukTi bangete??)
baca terus ampe habis ada cerita pembuktian begitu dahsyat yang aku rasakan!!

Alhasil Aku merantau ke seberang di negeri orang : Itu Adalah perantauanku Yang Pertama, lalu dalam perjalanan disana Aku menemukan pengetahuan Baru..Aku jadi tahu Kota Balikpapan Seperti Apa terus jalan lagi Ke Kota Samarinda di Kota Ini Ternyata Rame??” So mana yang di bilang babe Pohonnya Masih Gedhe-gedhe terus suasananya koyo ndeso?
iniloh aku punya Foto kedua kota itu...aku upload dari Mr.Google sungguh penuh dengan kesemrawutan sama ae kayak di Surabaya
SuasanaKota Balikpapan...... 
Penasaran Kota Samarinda kaya apa? oke look at this below...ya gitu we muka-muka Kota mau dipandang dari segi apa, ya tetep gitu bentuknya heeheee..
Balikpapan
Samarinda
Aku Tanya Sebelah mana Pak Rumah kita?. Lalu Bapak menjawab : “eh ini masih kota Besarnya Rumah kita masih jauh, masih sehari semalem perjalanan)” oh my GoD jadi ga kebayang rumahku dimana letaknya n seperti apa??” yah..ngikut aja dah apa yang bapak Bilang!!

Waktu itu di pangkalan Terminal Bis di kota samarinda namanya Terminal Lempake, Panas Menyengat dini hari Aku makan siang dulu kemudian tepat pukul 14.00 WITA mulai perjalanan lagi menuju Kota Tanjung Redeb Kabupaten Berau, yups..ini akan jadi tempat tinggal ku nanti and sampai sekarang..dan perjalanan itu ditempuh selama 15 jam. Busyettt!! Gimana Teposnya pantat ini duduk dalam bis, bener-bener seperti perjalanan Surabaya –Bandung!!
Jiahhh..dalam perjalanan naik bis huekkss ga nemuin lagi yang namanya Traffic Light. Yang ada malah Pohon Guedhe-guedhe di sisi kanan kiri sepanjang jalan kenangan Plus Jurang wis talah bisa disebut Jungle forest in the Amazon. Ketar-ketir hati ini selama perjalanan, muncul pikiran buruk “Gimana nanti tiba2 bis yang ku tumpangi seronok keblabasan” bisa Innalillahi wa Innaillaihi roji’un?? Naudzubillahi min dzalik!!Sudahlah baca Solawat, dzikir yang b anyak biar selamat!! Ibuk menanti kedatangan kita di rumah sana!! “ tampaknya Romoku baca perasaan aku. bapak romo ngademin.”
oia biar ga penasaran ini aku punya foto perjalanan orang (bukan aku) perjalanan dari samarinda ke berau mobilnya diseret akibat jalanan ga mau kompak!!!

Ilustrasi jalan yg hancur
Sambil baca dzikir n sholawat dalam hati ga terasa senja mulai menghampiri lalu malempun datang aku mulai ngantuk udah ga terlihat lagi suasanan yang bikin aku ketar-ketir yang terasa sekarang suara mesin bis yang ogrok-ogrok karena melalui jalanan penuh bebatuan!! Tapi ga ku hiraukan langsung aja aku tidur Pulas..
Alhamdulillah bangun2 udah Subuh dan udah nyampe depan rumah!! Asyik Gembira pun merasuk dalam perasaan Ku?? Yah Rumahku terasa Enjoy Meski agak Sepi tapi penuh dengan suasana kedamaian ga bising kaya di surabaya.
Lanjut cerita aku udah 3 tahun lebih menetap di kalimantan n udah banyak teman, dari Teman SMA, Teman Maen dll. kembali lagi Tragedi untuk merantau menghampiri diriku kali ini aku dituntut untuk merantau sendirian tanpa ditemanin sanak keluarga. Aku merantau Di Kota yang Belum pernah aku berfikir untuk tinggal di situ sebelumnya yaitu Kota Bandung, yang Nge-trend dengan Sebutan paris Van java itu loh sekarang jadi Kota Belanja.
ini aku punya ikonnnya Kota bandung..lagi-lagi dari Mbah Google !!! 
 Gedung Gubernur Jabar biasa di sebut Gedung sate noh ada sunduk satenya diatas atap!

  " nah ini awal cerita yang ku bilang sebelumnya tadi kalau Rahmat Allah begitu baik kepada Makhluknya....oke baca teruss....
Setelah lulus SMA waktu itu aku ikutan Seleksi Kuliah Program Beasiswa oleh DEPPERIND RI. Yang kemudian aku lulus dan harus ditempatkan di Kota Bandung untuk Menjalani Studi Diploma III, waktu itu aku mulai merantau lagi yang Ke-2 pada tahun 2007 and sampai sekarang aku masih menjalani Studi Tersebut.
Waduwh perasaan ga menentu selalu muncul dalam hati.. disisi lain aku Bersyukur atas nasib baik yang berpihak pada ku sehingga dapat kuliah tanpa bayar sepeserpun. Namun disisi laen perasaan khawatir apakah aku bisa kerasan Di Bandung?? Bayangkan musti segala sesuatu nya harus dilakukan sendiri termasuk cari kos-kosan, cari makan dlsb.
Berangkat dari dorongan orang tua yang begitu bangga anaknya bisa lanjut kuliah!! Cos melihat perekonomian keluarga aku juga ga yakin semisal gak lulus aku bisa melanjutkan kuliah apa tidak, meski keinginan kuliah itu ada tapi mungkin aku akan alihkan keinginan itu untuk cari pekerjaan saja. Itung2 cari penghsilan buat ditabung untuk melanjutkan kuliah.
Maha Kuasa Allah yang dapat membongkar secara dalam, perasaan tiap-tiap manusia yang tersembunyi yang ga mampu orang lain membacanya. Inilah keinginanku telah Terwujud. Orang tua pun mendukung sehingga bersih keras aku membuang jauh-jauh Perasaan Gocik, Ce-men,yang ada dalam diri!! Harus Tampil Berani dimanapun kita berada, selama itu benar pasti ada jalan yang baik ga Perlu khawatir” begitulah motivasi yang dilontarkan oleh Bapak Romoku ku, yang sampe sekarang ku jadikan pegangan!! Yah emang Hidup Ini butuh Perjuangan bagi yang menjalaninya. Kalo ga mau Berjuang sama halnya tidak mau menjalani Hidup!! Bener khan??!!
Sampe sekarang pun aku tinggal di bandung, ternyata perasaan takut yang kurasa dulu ga satupun yang menghampiri hidupku!! Terus terang aku mudah bergaul dengan Komunitas Orang Sunda bahkan ga hanya itu teman- teman ku Kuliah juga banyak yang dari daerah Lain yang tersebar di Indonesia, dari sabang sampai Kupang mereka ada. jadi di sini kami betul-betul merasakan pengalaman yang begitu berharga senasib seperjuangan kepada sesama pelajar Perantauan!! CieheHe..he..
Yaaahhh kalo boleh diulas terhadap kisahku itu, bener-bener menjadi Penyemangat dalam Hidup!! Allah itu gaK Merem betul-betul mengarahkan dan menuntun kita yang mau dituntun…Sungguh menjadi pelajaran yang nyata bahwa Rasulullah SAW dulu hijrah (berpindah-pindah) juga salah satunya membawa kemajuan dalam Hidup!! Tidak hanya Kemajuan Pribadi Rasul melainkan Semua Ummat. Mengingat masa laluku aku mulai tersadar. Apakah ini hidup yang digariskan oleh ALLAH terhadap diriku. Tanpa sadar aku di tuntun untuk hijrah ke kalimantan sehingga disana aku menemukan peluang untuk hijrah lagi ke bandung.
Subhanallah andai saja dulu aku gak mau ikut orang tua untuk pindah ke kalimantan mungkin aku tidak akan menemukan peluang Kemajuan diriku seperti sekarang ini. Dalam kisah ku ini, aku tidak ada perasaan untuk menyombongkan diri sedikit pun atas nikmat yang telah diberikan Oleh ALLAH SWT. Setiap manusia itu memiliki dan berhak mendapat Ni’mat dari- Nya. Tergantung apakah orang tersebut sadar akan nikmat yang telah didapat ataukah tidak.
Sampai sekarang pun aku juga belum mengetahui bagaimana kehidupanku kedepan, akan tetapi aku telah yakin bahwa Segala sesuatu yang kita usahakan sekarang akan tepat seperti apa yang kita inginkan dimasa depan.

“ ALLAH sesuai dengan Perasangka UmmatNya.” Sungguh Allah Sesuai dengan perasangka UmmatNya”
Sebagiman Ayat berikut  
“ Sungguh kami telah cipkatan manusia dan kami tahu apa yang telah dibisikkan hatinya kepadanya. Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya.” (QS Qaaf 50:16)

Lalu..Bagaimanakah Sikap Kita Dalam menjalani Hidup di dunia Yang Sementara Ini??? Kalo aku Sih ga ada kata Selain “NeVeR GivE Up ! KeeP FightiNg !!

1 komentar:

  1. salam kenal mas shodiq saya juga perantauan dari simo gunung kramat barat gg1 sekarang saya tinggal di tanjung selor ...
    sony.viarta@gmail.com

    BalasHapus

monggo silakan isi komentar di bawah ini