Senin, 17 Januari 2011

Berau Kalimantan Timur Kaya Akan Potensi dan Peluang Investasi

Kondisi pagi hari yang begitu cerah akibat dari sorotan sinar matahari menyongsong dari sebelah timur dengan ketajamannya, mulailah berlaku rutinitas dan aktivitas yang begitu jelas didukung oleh suara-suara gemuruh permukaan tanah bercampur aspal karena sentuhan roda-roda kehidupan yang dijalani manusia sedunia. Yah.. tak terkecuali pagi ini akupun menjalankan aktivitas seperti biasa menuju Kantor Dinas Perindustrian Kabupaten Berau...

By the way.. mumpung agenda yang akan q jalani tidak cukup padat hari ini, jadi jari jemari ini mulai jahil untuk mengambil satu per satu buku-buku yang tersusun di lemari, bukan bermaksud untuk merapikan buku-buku yang berantakan melainkan untuk membaca-baca, buku apapun itu sungguh semangat sekali aku baca dengan seksama, entahlah terkena sindrom apa hari ini jadi tumben sampai tekun baca kaya begini..
Tiba-tiba ada satu album buku yang menarik untuk aku tuntaskan membaca, saking tertariknya hingga feeling ku mengartikan bisa jadi penting untuk di informasikan di blog ini, maka dari itu..aku informasikan bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh Bahwa di tanah aq tinggal sekarang di Kabupaten Berau menyimpan kekayaan akan potensi dan peluang investasi. Lebih jelasnya....

PREFACE
Peta kalimantan timur
Kabupaten Berau memiliki Potensi Sumber Daya Alam yang dapat dikembangkan menjadi suatu kegiatan usaha unggulan. Potensi tersebut terutama sektor Pertanian, Kehutanan, Pertambangan disamping sektor Industri, sektor Pariwisata dan sektor lainnya. Sektor pertanian terutama untuk pengembangan Perkebunan dan Penyediaan Bahan Baku Pengembangan Agroindustri.
Disamping kaya akan potensi sumber daya alam. Kabupaten berau memiliki letak yang strategis, berada diantara batas-batas wilayah : sebelah utara Kabupaten Bulungan, sebelah timur Selat Makassar, sebelah selatan Kabupaten Kutai Timur, sebelah Barat Kabupaten Kutai Kartanegara. Pemerintah Kabupaten Berau memberi peluang dan kesempatan serta membantu para investor yang berminat menanamkan modalnya di Kabupaten ini, dalam rangka memanfaatkan potensi yang ada untuk mewujudkan kesejahteraan dan masa depan yang lebih baik.


TOPOGRAFI
Kabupeten berau umumnya terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi yang berbukit-bukit yang mencapai ketinggian 0 – 2.478 meter diatas permukaan laut. Sebagian area terletak pada ketinggian 100 s/d 500 meter diatas permukaan laut dengan luas wilayah 970.238 ha atau 29.67 % dari jumlah total area. Ada 4 tipe tanah yang terdapat di kabupaten berau yaitu : Alluvial, Podsol, Yellowish Podsolic (merah kekuningan) dan Latosal.

PEMERINTAHAN
Kabupeten berau terdiri dari 13 Kecamatan dengan Ibu Kota Tanjung Redeb yaitu Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Teluk Bayur, Segah, Kelay, Sambaliung, Derawan, Maratua, Tabalar, Biatan-Lempake, Talisayan, Batu Putih dan Biduk-Biduk. Adapun jarak antara Ibu Kota kabupaten Berau dengan Ibukota kecamatan di Kabupaten berau sebagai berikut :

Ibu Kota kabupaten
Ibu Kota Kecamatan
Jarak (Km)
Kondisi Jalan
Transportasi digunakan
Tanjung Redeb
Tanjung Redeb
Teluk Bayur
Gunung Tabur
Sambaliung
Gunung Sari
Tanjung Batu
Talisayan
Biduk-biduk
Muara Lesan
0
11
12
2
92
137
155
253
101
Aspal
Aspal
Aspal
Aspal
Pengerasan
Pengerasan
Pengerasan
Pengerasan
Pengerasan
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Darat/Sungai
Sumber : BPS Kab.Berau 2002

PENYEBARAN PENDUDUK
Kecamatan yang paling banyak penduduknya adalah Kecamatan Tanjung redeb yaitu sebanyak 62.857 Jiwa, selanjutnya diikuti Kecamatan Sambaliung 24.080 Jiwa, Kecamatan Teluk Bayur 20.588 Jiwa dan Kecamatan Gunung Tabur 15.039 Jiwa.
Sementara Kecamatan yang paling sedikit penduduknya adalah Kecamatan Maratua 3.079 Jiwa, Kecamatan Kelay 4.490 Jiwa dan Kecamatan Biatan 5.059 Jiwa.


1 komentar:

  1. Dahsyat dan Luar Biasa...
    Sejak saya bergabung dengan Program MULIA INVESTAMA,
    saya mendapatkan begitu banyak keuntungan. Tidak hanya peluang penghasilan yang tidak terbatas tapi juga, motivasi dan inspirasi.
    Ingat sukses itu tindakan! Dan dapatkan cara jitu mengambil tindakan hanya di sini, ya hanya di muliainvestama.blogspot.com”

    BalasHapus

monggo silakan isi komentar di bawah ini